TUGAS KOMPUTER LANJUT*
PEMBELAJARAN PKN SMP BERBASIS
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KD : Mendeskripsikan Sistem
Pemerintahan Indonesia dan Peran Lembaga Negara Sebagai Pelaksana Kedaulatan
Rakyat
PENDAHULUAN
Dalam kehidupan suatu negara,
pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup
negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan
mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan
teknologi komputer dan teknologi informasi, sekolah-sekolah di Indonesia sudah
waktunya mengembangkan Sistem Informasi manajemennya agar mampu mengikuti
perubahan jaman. Penerapan teknologi informasi untuk menunjang proses
pendidikan telah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan di Indonesia.
Pemanfaatan teknologi informasi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan
efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan. Keberhasilan dalam
peningkatan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan akan ikut
menentukan kelangsungan hidup lembaga pendidikan itu sendiri. Dengan kata lain
menunda penerapan teknologi informasi dalam lembaga pendidikan berarti menunda
kelancaran pendidikan dalam menghadapi persaingan global.
PERMASALAHAN
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
menjadi basis terpenting dalam pembentukan karakter dan moral generasi bangsa.
Wacara demokrasi dan Penghormatan Hak Asasi Manusia, sedang marak di
perbincangkan, bukan saja di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Oleh
karenanya guru sebagai pilar utama pendidikan menjadi tulang punggung bagi
kemajuan bangsa yang bermartabat dan dihargai di seluruh dunia.
Sayangnya ada suatu keadaan yang
sering dihadapi adalah ketidaksiapan guru dalam mempersiapkan atau
mengkreasikan media pembelajaran yang ada, sebagian guru belum mampu untuk
membuat suasana belajar yang kreatif dengan memanfaatkan perkembangan TIK.
Sehingga hanya buku pegangan yang menjadi acuan sumber belajar, dan akibatnya
siswa menjadi bosan dengan pembelajaran yang monoton serta sulit untuk
menganilisis permasalahan yang terjadi dilingkungannya berdasarkan perspektif
ilmu yang siswa dapat di sekolah. Misalnya saat kita akan belajar mengenai
sistem pemerintahan dan lembaga negara. Kedua materi ini banyak pokok
bahasannya, siswa akan jenuh dan tidak dapat secara optimal untuk
mempelajarinya.
PEMBAHASAN
Pengertian media pembelajaran PKn
adalah media yang terpilih dan cocok untuk pembelajaran PKn . Mata pelajaran
PKn mempunyai misi membina nilai, moral, dan norma secara utuh bulat dan
berkesinambungan.
Pemanfaatan teknologi informasi
diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lembaga pendidikan dalam upayanya
meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Guru dan pengurus sekolah
tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan-pekerjaan operasional, yang sesungguhnya
dapat digantikan oleh komputer. Dengan demikian dapat memberikan keuntungan
dalam efisien waktu dan tenaga.
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
di sekolah misalnya untuk pembelajaran PKn di kelas VIII semester genap
dengan SK : memahami kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan di indonesia.
Dan mengambil KD : mendeskripsikan sistem pemerintahan indonesia dan lembaga
negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.
Pentingnya penerapan teknologi
informasi dalam pengelolaan arsip bagi lembaga kearsipan yang memiliki fungsi
menyimpan, memelihara, melestarikan, menyelamatkan dan mengaktualisasikan arsip
kepada masyarakat menjadi solusi terbaik saat ini. Perkembangan teknologi
informasi yang begitu pesat berdampak positif terhadap kelancaran dan kemudahan
dalam melaksanakan seluruh kegiatan manusia. Teknologi informasi, seolah mampu
memperpendek jarak antar negara, dan mempersingkat waktu dalam memperoleh
informasi. Setiap orang dapat berkomunikasi dan bertukar informasi secara
langsung secara cepat dan akurat tanpa harus melalui batas-batas formal.
Perkembangan bidang teknologi informasi, berdampak positif terhadap bidang
kearsipan.
Arsip dengan format elektronik atau
digital mendorong kita membangun suatu sistem informasi kearsipan berbasis
digital. Arsip dalam bentuk kertas, foto maupun audio disimpan di komputer
dalam bentuk digital. Dengan demikian pemafaatan arsip akan lebih meningkat
lagi. Perkembangan situs web dewasa ini memungkinkan penyebaran atau
pemanfaatan arsip yang dimiliki oleh organisasi semakin terbuka. Naskah-naskah
yang dibuat oleh lembaga negara, badan pemerintah ataupun organisasi, semakin
mudah di akses oleh masyarakat. Contoh, website Arsip Nasional Republik
Indonesia, www.anri.go.id, dengan memanfaatkan teknologi informasi, maka
masyarakat dapat dengan cepat mengakses arsip yang dibuat/diterima oleh Arsip
Nasional.
Untuk mencapai sasaran dan target
tersebut, dalam pelaksanaan pembelajaran diperlukan penataan alat, bahan, dan
sumber belajar agar dapat dilihat dan mudah
digunakan oleh siswa. Sumber belajar dapat berupa media cetak, model,
gambar-gambar, laporan, dan kliping. Media pembelajaran dalam PKn harus dapat
menstimulus lahirnya proses pembelajaran yang aktif dan kreaktif. Dalam pedoman
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar PKn, ada beberapa syarat yang harus
diperhatikan untuk media PKn, yaitu:
- Membawakan sesuatu atau sejumlah isi pesan harapan
- Memuat nilai atau moral kontras
- Diambil dari dunia kehidupan nyata
- Menarik minat dan perhatian siswa
- Terjangkau oleh kemampuan belajar siswa
MEDIA-MEDIA YANG BIASA DIGUNAKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN
Merancang media pembelajaran PKn sangat tergantung dari jenis media yang
digunakan. Di bawah ini diulas kembali jenis media yang dapat
digunakan/dikembangkan dalam pembelajaran PKn, yaitu:
a.
hal-hal yang bersifat visual, seperti bagan, matriks,
gambar, data , dan lain-lain
b.
hal-hal yang bersifat materiil, seperti model-model,
benda contoh
c.
gerak, sikap, dan perilaku, seperti simulasi, bermain
peran, role playing
d.
cerita, kasus yang mengundang dilema moral.
KESIMPULAN
Teknologi informasi dan komunikasi sangat tepat digunakan dalam lingkungan
pendidikan karena dapat memberikan berbagai bantuan yang sangat bermanfaat
dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Fungsi dari teknologi informasi
untuk pendidikan merupakan salah satu jaminan kualitas pendidikan di Indonesia.
Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pendidikan, bahan ajar yang
berkualitas, serta metodologi pengajaran yang tepat, akan mampu mendukung
proses pemerataan dan mengurangi kesenjangan pendidikan antar daerah-daerah di
Indonesia. Selain Internet, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk
anak usia sekolah khususnya SMP dapat berupa : materi mendesain web, manipulasi
citra, membuat blog, desain grafis dan membuat jaringan komputer sederhana.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.shvoong.com/social-sciences/2219205-peran-teknologi-dalam-upaya-pelestarian/#ixzz1pdwWC2nD
http://eduocy.blogspot.com/2010/06/media-pembelajaran-dalam-pembelajaran.html
http://www.kamadeva.com/index-menu-news-newsid-tiduniapendidikan.htm
http://eduocy.blogspot.com/2010/06/media-pembelajaran-dalam-pembelajaran.html
http://www.kamadeva.com/index-menu-news-newsid-tiduniapendidikan.htm
* Tugas Komputer Lanjut
ini disusun oleh Lela Bonita/K6409032/FKIP/PPKn/UNS
0 komentar:
Posting Komentar